Setelah bolak balik 3x ke negara ini akhirnya saya pun cukup jeli untuk melihat perbedaan (tata kota, budaya, transport, fasilitas, dll) antara negara Canada (Quebec  tepatnya) dan Indonesia (Negaraku tercinta).

Pertama kali mari kita mulai dengan salary. Disini, gaji akan selalu dipotong untuk pajak dll. Jadi jika gaji kita $3,000/bln, belum tentu pas kita terima sama. Yang sebenarnya tax akan disesuaikan oleh salary. Namun ini tidak berlaku untuk profesi dokter. Mereka tidak bayar tax namun mereka juga tidak akan mendapatkan dana pensiun (fyi : tarif dokter di Quebec untuk 1x visit sekitar $50. Dan dalam 1 jam, dia bisa menerima sekitar 3-4 pasien. – Ini memang profesi paling menjanjikan di Negara manapun)

Namun untuk pegawai pemerintahan (mencakup luas sekali. Bisa jadi mereka bekerja di bidang pendidikan, mengurusi dana pension masyarakat, dll), mereka akan dibayar per jam. Dalam seminggu mereka bisa bekerja 70-80jam. Tergantung jumlah kerjanya. Tapi kalau lembur, biasanya tidak diikutsertakan / dibayar.

Yang menyenangkan adalah, saat kita pensiun, tax yang kita bayarkan selama kita bekerja akan dikembalikan pada kita (sehingga tdk perlu khawatir dgn masa tua). Jadi jangan heran jika melihat banyak turis dengan usia lanjut ikut tour, karena mereka memang memiliki dana untuk itu.

Enaknya lagi adalah, pendidikan tidak mahal. Jadi orangtua tidak perlu terlalu khawatir dengan biaya pendidikan anaknya (kecuali jika akan kuliah diluar negeri). Karena disini pendidikan gratis (khusus bagi warga Negara). Jadi siapa saja sangat memungkinkan jika ingin mengambil kuliah kedokteran karena tidak mahal.

Kesehatan juga terjamin disini karena kita bisa ke dokter tanpa dipungut biaya. Meskipun itu hanya untuk check-up.  Masyarakat disini pun cukup disiplin dan menaati peraturan yang ada. Selama winter, akan ada pengumuman dari pemerintah setempat bahwa pada jam 11pm akan ada pembersihan jalanan sehingga tidak boleh ada mobil yang diparkir dipinggir jalan karena akan mengganggu kerja pemerintah setempat. Dan jika ada yang melanggar maka siap2 mendapatkan surat cinta :D.

Disini ga ada yang namanya « salam tempel ». Semua berdasarkan aturan yang ada. Bahkan saat berkendaraan pun, dilarang sambil menelepon. Penumpang yang duduk dibelakang harus menggunakan seat-belt dan diharuskan untuk memiliki kursi bayi (jika memiliki bayi). Anak-anak tidak boleh duduk dikursi depan.

Itulah sekilas tentang Negara Canada – Quebec city tentang aturan dan fasilitas mereka. Namun ada yang perlu diketahui juga bahwa dinegara ini, semua serba mahal.. he he he.. Untuk 1x makan saja bisa sampai (minimal) $10. Dan akan ada 2 buah pajak. 1 pakaj 5% dan pajak 9,5%. Jika makan direstoran, maka kita harus memberikan tips (sekitar) 15%.

Tarif parkir adalah $10 kalau sudah diatas jam 6. Kalau tidak salah, untuk 1 jam biayanya $4. Jika ada kelebihan maka untuk 10 menit bayar $1,25. 20 menit bayar $2,5. Dan itu parkirnya tidak didepan restoran melainkan ditempat parker. Jadi kita tetap masih harus jalan kaki.

So, untuk masalah tips dan parkir, saya rasa Indonesia lebih OK. He he he..  Saat saya ditanya apakah saya mau pindah ke Negara ini.. well, saya sih mau-mau aja. Kalau sudah bisa bahasa perancis dan sudah jelas mau kerja dimana.. J Demikian sekilas info dari saya.. Happy Wednesday

Advertisements