love-is-you-love-30949107-960-854

Sebenarnya pemikiran ini sudah lama sekali ada dipikiran, namun sayangnya waktu selalu habis untuk buat laporan dan pekerjaan yang lain. Sebenarnya ini pemikiran sederhana saya mengenai suatu hubungan.

Beberapa tahun berlalu, namun baru kali ini saya memiliki konsep hubungan yang jelas. Ada banyak buku yang telah saya baca (tanpa sengaja) ataupun artikel-artikel internet yang pernah saya posting di blog ini mengenai relationship. Dan akhirnya saya pun menyimpulkan mengenai arti cinta dan kasih dalam suatu hubungan.

Hubungan, baik atau buruk, cepat atau lambat akan mengalami kendala dan permasalahan. Entah disaat ini, anda merasa hubungan anda berdua dalam keadaan baik-baik saja atau bahkan merasa kalian adalah belahan jiwa. Namun tanpa disadari dan diperhitungkan, perubahan kehidupan (kelahiran anak, kematian saudara / orang tua, berhenti bekerja, kenaikan jabatan, kepindahan tempat tinggal, dll) akan menyisakan suatu permasalahan (kecil ataupun besar) dalam kehidupan rumahtangga / hubungan.

Selama ini saya selalu mendengar kata CINTA… cintailah pasanganmu seperti kamu mencintai dirimu sendiri, bla bla bla.. Well, thats not wrong, dasar pemikiran setiap orang berbeda-beda. Namun beberapa tahun ini menjalani kehidupan bersama, saya pun menyadari. CINTA tidak cukup kuat dalam mempertahankan rumah tangga. Saat saya menuliskan postingan ini, saya bahkan tidak bisa memprediksi sampai tahun keberapakah usia pernikahan kami namun saya mencoba menjalani  dengan kasih.

Pernikahan yang sukses, hubungan yang berhasil, semua dapat diciptakan asalkan ada KASIH. mengapa saya mengatakan KASIH bukan CINTA? Karena menurut saya Kasih adalah cinta tanpa batas dan harapan. Mungkin beberapa diantara kalian ada yang pernah mendengar bahwa dalam CINTA harus ada “take and give”? Well, jika dalam suatu hubungan anda mengharapkan take and give, hubungan itu tidak akan sehat karena anda menantikan “take” disaat anda sudah “give”. So, It not gonna last long

Kasih itu adalah ungkapan sayang tanpa batas, Anda memberi karena anda ingin.. anda mencintai karena anda cinta.. anda memaafkan karena anda ingin. Kasih itu cinta tanpa syarat dan batas. Dan itulah kunci hubungan yang sebenarnya. Mencintai tanpa kondisi, tanpa syarat, bukan karena anda harus melainkan karena anda ingin. Bukan karena anda bahagia melainkan anda ingin dia bahagia… Karena semuanya adalah DIA bukan ANDA..

Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu (Mat 19 : 6)

313446_2462330877433_731505546_n

Kasih itu sabar, kasih itu murah hati, ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. ia tidak bersuka cita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. (1 Korintus 13)

319250_2462330397421_1301511800_n

Sudahkah anda mencintai pasangan anda dengan KASIH?

