Yuhu… Ini adalah postingan pertama semenjak saja sampai ke Canada (gaya yah), well, karena jetlag, saya pun memutuskan untuk menuliskan pemikiran saya mengenai beberapa hal yang sempat ada dipikiran saya mengenai PEKERJAAN.

Yup, sebelum berangkat ke Canada itu adalah hari-hari yang menyibukan karena saya harus memaksa diri saya untuk mengerjakan laporan dalam 1 hari, dan memaksa staff saya untuk selesai mengkoreksi seluruh haril psikotes dalam satu hari, bahkan pada saat hari psikotes selesai maka hasil juga harus selesai.

Saat saya di Canada pun, pikiran masih selalu berfikir mengenai pekerjaan di kantor yang (entah apakah akan berjalan dengan baik), well mungkin ini adalah salah satu kecemasan saya sebagai si tipe C. Dan konyolnya lagi, setiap kali saya log-in selalu verifikasi id dan email dikarenakan saya membuka lewat internet Canada,

Itu sekilas tentang saya selama di Canada, mari dengarkan pendapat saya mengenai pemikiran saya tentang bekerja. Beberapa hari ini saya mendapatkan suatu pemahaman mengenai KERJA. Dan itu saya tanyakan pada diri saya sendiri. Apa sih arti bekerja buat saya? Apakah benar saya cinta pekerjaan saya? Apa artinya MENCINTAI pekerjaan? Apa yang akan saya lakukan jika tidak bekerja?

Well, akhirnya sayapun menemukan (sedikit) pencerahan dari pemikiran saya sendiri yang ingin saya bagikan. Menurut saya, bekerja adalah beraktivitas. Banyak orang yang tidak memilih bekerja, namun mereka melakukan pekerjaan rumah atau arisan, atau apapun itu namanya (aktivitas). Jadi BEKERJA adalah aktivitas yang menghasilkan. Menghasilkan uang, kedudukan, nama, label, status sosial, jaringan pertemanan, dll.

Saat saya mengatakan saya mencintai pekerjaan saya, well itu berarti saya menyukai result dari aktivitas yang saya lakukan (entah karena saya mendapatkan income ataupun kesenangan dari aktivitas tersebut bahkan suatu penghargaan dari sana). Dan itu membuat sata kecanduan untuk melakukan hal itu berulang-ulang

Namun saya sempat menemukan ada beberapa orang yang pernah mengatakan kepada lingkungannya, temannya atau jaringan sosialnya bahwa mereka mencintai pekerjaan mereka, namun saat ini saya tidak melihat bukti konkrit kasat mata yang dapat terlihat. Banyak dari mereka yang sekedar beraktivitas dibandingkan bekerja. Bekerja dan beraktivitas merupakan hal yang sama, bedanya adalah   result yang didapat dari itu semua. Apakah mengejar uang, kedudukan, pesona, dll. Kalau sudah terepenuhi, akankah masih kamu bekerja?

images

Bekerja adalah saat dimana dalam keadaan apapun, kamu memikirkan hal yang terbaik untuk bisnismu bahkan disaat banyak hal yang harus kamu kerjakan diluar karirmu. Bekerja adakah aktivitas terus menerus, melakukan hal yang sama dan konsisten dari hari ke hari. Bekerja ada aktivitas untuk diri bukan sekedar meluangkan waktumu agar kamu sibuk seharian. Bekerja adalah pelajaran yang kamu dapatkan dari dosen yang berbeda-beda. Bekerja adalah aktivitas yang kamu lakukan karena kamu mendapatkan sesuatu dari itu.

Saya suka bekerja karena saya mendapatkan uang dari sana, dan pada saat ini saya masih dalam tahap kebutuhan untuk memenuhi rasa aman, dan bekerja keep me busy. I hate for being nothing and doing nothing. it’s killing me. Jika ditanya apakah saya mencintai pekerjaan saya, well thats mean i do all that activity without something i expected. Dan saya akan mengatakan, TIDAK. I like to work but at this time im too far from the word *LOVE*. Karena saya masih mengharapkan penghasilan dari sana.

Saya bukan motivator, saya bukanlah pujangga yang menyampaikan suatu quote dengan bahasa luar biasa menyentuh. I like my simplicity. Ga perlu lulusan S3 atau kuliah diluar negeri atau IPK 4, atau bahkan memiliki follower/teman beribu2 dijaringan sosial untuk memiliki suatu pemikiran.

Pemikiran saya bisa salah, well.. namanya juga hasil mikir sendiri. Selamat menyelami pemikiran rumit saya….

what-is-work-450x385

