Kemarin minggu (15 April 20129), untuk pertama kalinya aku mencoba membuat JCCC. Sebenarnya agak kurang yakin karena proses pembuatannya yang model au bain marie :(, Tapi akhirnya bisa diakalin juga.

Ini bahannya :

Bahan I:
(Cream cheese Home Made)

200 ml Susu UHT cair
60 gram Butter
180 gram Kraft Cheddar cheese (di parut)

Bahan ini di tuang di panci terus di letakan di atas panci yang lebih besar (di tim) panaskan dengan api kecil dan ditutup (ga perlu sampai mendidih). Hanya pastikan aja kejunya sudah mencair. Kemudian di diamkan sekitar 5 menit terus diaduk2 deh -> modelnya sama dengan cream cheese cuma rasanya ga terlalu eneg dan menyengat seperti cream cheese

Bahan II:

30 gram Tepung terigu
30 gram Maizena
5 buah Kuning telur
1-2 sdt Air jeruk nipis

Bahan III:

5 buah Putih telur
120 gram Gula pasir
1/2 sdt Cream of tar-tar

Cara membuat:

*pakai loyang 22 cm (bisa juga pakai loyang bongkar pasang) yang diolesi mentega, lapisi dengan kertas roti, kemudian diolesi lagi dengan mentega. Lapisi bagian luar loyang dengan aluminium foil.

*Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4-nya.

*Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (Bahan II) ke dalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur. Masukkan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu. -> tinggal di aduk aja

*Masukkan loyang berisi air ke rak paling bawah oven tangkring (soalnya buatnya di oven tangkring), nyalakan api kecil saja, asal api birunya menyentuh dasar oven.

*Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar tar hingga ‘soft peak’ saja (jangan sampai terlalu kaku). Masukkan kocokan ini ke adonan sebelumnya (yang ada krim + terigu dkk).

*Aduk hingga rata benar (karena aku ga yakin jadi ak masih kocok pake speed rendah). Tuang adonan ke dalam loyang bongkar pasang.

Letakkan adonan loyang bongkar pasang di rak kedua. Panggang selama 50-60 menit.

Yang harus diingat adalah, pastikan atasnya ga terlalu matang karena kalau kelamaan maka bagian atasnya akan pecah padahal bawahnya masih agak basah dan belum kering. So,penggunaan api sangat berperan disini, pastikan api tidak terlalu besar.

ini (penampakan) Japanese Cheddar Cheese Cake – ku :

Untuk pemanggangan au bain marie, aku nyontek dari cakefever.com. Ini link nya. Semoga membantu !!!

http://www.cakefever.com/cara-membungkus-loyang-au-bain-marie/#axzz1sMLRWA99

Have a nice try,

Hugs – Lala

Advertisements