Simple word with BIG meaning….

Sebenarnya saya ingin menuangkan tulisan tentang FRIEND / Teman semenjak saya menTwit mengenai #teman. Menurut saya, kata “teman” ini tidak ada matinya. Coba kita lihat sekitar kita, baik yang muda atau tua, beragama sama, ber-etnis sama, ber-seragam sama, selama mereka “hidup”, mereka akan terus “berteman”. Mengapa? mungkin karena ada ungkapan “no man is an island”.

Dan tiap orang akan mencari “teman” yang sesuai dengannya, baik kegemaran, hobi, lingkungan, fisik, dll. Namun, ada sesuatu yang sebenarnya lebih penting dari semuanya, yaitu kenyamanan. Maksudnya bagaimana? maksudnya adalah seberapa nyaman kita bersama teman kita? seberapa nyaman kita menunjukan diri kita yang sebenarnya saat bersamanya. Seberapa nyaman kita dalam mengutarakan pendapat kita, perasaan kita baik positif dan negatif, atau seberapa nyaman kita saat berada bersamanya.

Saya menuliskan kata #Nyaman sebagai kata kunci. Karena menurut saya, sangatlah mudah untuk mencari sebuah #teman. Kita dapat menemui teman dimana saja kita berada. Namun, teman yang seperti apa? Saya membagi teman saya sesuai dengan kapasitas mereka dan kenyamanan saya.

Saya punya teman kerja, teman curhat, teman hang-out, teman main, teman jalan-jalan dan beberapa jenis teman yang belum terkategorikan. Tidak semua teman dapat memenuhi semua kategori saya, mengapa? Karena kebutuhan kita berbeda. Teman curhat mungkin bukanlah teman yang dapat saya ajak kongkow atau clubbing. Demikian pula sebaliknya, teman clubbing / hang out- mungkin bukanlah teman yang tepat untuk berbicara mengenai pekerjaan.

Selama beberapa tahun ini, saya mulai memahami arti kata #teman. saya mudah berteman namun saya akan sangat berhati-hati dalam mengucapkan kata #sahabat. Bagi saya, #sahabat itu sangat precious. Dan tidak semua teman saya adalah sahabat saya. Karena sahabat bertumbuh dan berkembang bersama saya. Kami akan mengalami gejolak dalam pertemanan kami dan kami growth better together.

Inilah beberapa pemikiran saya mengenai #sahabat.

1. Sahabat adalah orang yang akan mengkritikmu, menghinamu bahkan memakimu dan tetap merasa nyaman saat bersamamu.

2. Ia tidak ragu untuk meminta maaf ataupun memutuskan hubungan atas pertemanan kalian dan dengan berjalannya waktu dia akan menghubungimu kembali karena #kenyamanan-kalian

3. Sahabat akan selalu didapat melalui proses pertumbuhan yang tidak mudah

4. Ia bisa cemburu padamu saat kamu memiliki Good Life yang tidak ia miliki, Ia mampu mengkomunikasi-kan dan menunjukan perasaannya namun dapat secara positif untuk mendukungmu

5. Jika #sahabat tidak pernah membenci, konflik, mengkritik, BAGI-KU, itu bukanlah persabatan. Karena tidak ada proses tumbuh kembang bersama

6. Pertemanan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijadikan persahabatan, saat hubungan pertemanan-MU terasa baik-baik saja, maka pada saat itulah kamu harus merasa heran

7. Bersabahat bukan berarti selalu berpendapat sama, memiliki hobi yang sama, dan memiliki perasaan yang sama

8. Sahabat berarti kamu memiliki seseorang yang dapat berbicara jujur, tulus dan terbuka merasa #nyaman saat bersama-MU

9. Persahabatan itu seperti “ANGGUR”, They get better with age. So, It’s a process not a result

10. Sahabat bukanlah orang yang selalu kamu temui setiap saat atau dalam kurun waktu tertentu. Mereka tak terikat kontrak waktu dan tidak ada limit waktu untuk menjadi sahabatmu. Sahabat adalah panggilan dari “HATI” bukan dari “BIBIR”.

So, Who is your best friend?

^Happy Friday^

-Lala_

